Tuesday, August 21, 2007

ASTRO emang jahat !!

Sedikit revisi, posting saya yang terakhir tentang BOIKOT ASTRO dari komunitas masyarakat miskin kota pro liga inggris terdengar suara bahwa liga inggris masih bisa disimak dari layar kaca (lewat layar ESPN di tv kabel biasa: Indovision dan Kabelvision)। Ternyata hal tersebut tidak terjadi॥ !!


Di harian Kompas 19 agustus lalu ada opini bebas tentang kasus ini. Banyak kalangan masyarakat yang mengadu lewat kompas mengenai kasus liga inggris. Karena ternyata liga inggris tetap tidak dapat dilihat lewat layar Indovision dan Kabelvision। Gila... Astro memang benar-benar memonopoli tayangan ini. Sekedar info tayangan liga inggris tahun ini didapat Astro dengan biaya sekitar 59 juta dollar AS : setara dengan sekitar 450 miliar. Wajar saja kalo stasiun tv non-bayar banyak yang kelabakan dengan bandrol segitu. Namun, menjadi tidak wajar jika akhirnya monopoli tayangan yang diambil dari golongan televisi non bayar kemudian diteruskan ke golongan televisi berbayar (dan indovision pun kelabakan).


Kenaikan harga yang fantastis dan ketidak mampuan jaringan televisi non bayar mendapatkannnya juga harus menjadi renungan bersama। Karena dari tahun ke tahun pengambilan tender hak siaran sebuah liga selalu dilakukan dengan serampangan, tanpa adanya kerja sama. Setiap stasiun berlomba2 memasang harga tertingi, yang berakibat pula harga yang terus melambung. Kapan bisa bersatu dan menemukan harga yang terendah?


Apa daya saat ini memang liga inggris tidak dapat kita saksikan selain berlangganan ASTRO itu sendiri। Karena jaringan televisi berbayar lainnya pun tidak dapat menyiarkannya lagi. Hiks॥hiks...


Tapi, kalo mau dikasi saran ada jalan keluar dikit: kamu bisa download cuplikan pertandingannya lewat youtube।com ... yah emang Cuma cuplikan sih, tp lebih baik daripada tidak sama sekali.... ^^


Pertanyaan terakhir? Berapa harga langganan ASTRO ya? Hoeks...

No comments: