Monday, April 2, 2007

MULTIFUNGSI HELM

Baru aja kepikiran untuk nulis tentang anekdot helm, eh ga dinyana di sebuah koran kampus malah udah ada laporan ttg helm, tepatnya laporan helm yang hilang sih. Ok, malah dari itu aku jadi tahu kalo masalah pencurian helm tu udah lumayan akut.
Tapi, esensi dari post ini bukan pencurian helm sih, tetap seperti niat awalku aku Cuma mau buat anekdot, masalah lucu atau jayus itu terserah pembaca.hehe
Nah, menurut pengamatanku dalam kacamata ilmu social (ceile…). Helm di sini memiliki 2 karakteristik utama, yaitu helm selamat dan menyelamatkan (?)
Pertama, helm selamat ; helm tipe pertama ini dalam kehidupan sehari2 tercermin dalam bentuk helm ciduk (gayung.red). fungsi primernya jelas untuk mengamankan kepala waktu naik motor (walau ambigu), fungsi sekundernya untuk pengganti gayung buat mandi (hehe), helm ini tergolong kurang ajar karena sering lebih selamat sendiri waktu terjadi kecelakaan. Hal ini dikarenakan helm ini memiliki kemampuan melompat dari kepala pengemudi saat terjadi bahaya, bahkan jika pengemudi dalam kecepatan tinggi pun helm sudah bisa melompat menyelamatkan diri (haha).
Kedua, helm tipe menyelamatkan. Helm ini memang tergolong aman, dalam kehidupan sehari-hari biasa berbentuk helm full face. Cirri-cirinya selain berat dipakai, biasanya juga mbelinya pake nabung dulu (kayak miskin banget). Fungsi primernya jelas sebagi penyelamat di saat kecelakaan, banyak terbukti loh. Fungsi sekunder, untuk fashion dan mode. Banyak bukti menjelaskan anak muda yang pakai helm ini jadi terlihat cool dan ganteng, ga percaya coba aja pake helm model ini - tutup rapat2+kalo perlu pake slayer, dijamin terlihat cool (ga tahu gimana kalo nanti udah dibuka helmnya….njeglek kali)
So, bagi kamu mau pakai helm yang mana ? kalo aku sih pake helm semi no dua, jadi rada-rada aman gitu (padahal belum terbukti sih). Hehe… see you in my next post


No comments: