Monday, March 26, 2007

6 TINGKATAN MANUSIA

Sudahkah anda merasa bermanfaat bagi orang lain ? apa kehadiran anda tak berarti bagi orang lain ? atau malah kehadiran anda merugikan orang lain ? perlu introspeksi diri memang. Oleh karena itu coba perhatikan 6 jenis manusia di bawah ini :
1. DO NOTHING, anda tidak melakukan apa-apa… hidup anda hanya untuk Makan, Tidur, dan (Maaf) BAB.
2. SEEING, hanya melihat tidak bisa menilai seperti orang “tidak waras”, bisa melihat tapi tidak bermanfaat bagi dirinya apalagi orang lain.
3. SPEAKING, maunya bicara terus….. tidak mau mendengar orang lain. Ibarat teko kalo isinya dikeluarkan terus lama-lama yang keluar hanya “Angin” alias ngibul.
4. LISTENING, mau mendengar wow, sudah cukup baik karena siapapun anda, anda pasti merasa bahwa menjadi pendengar yang baik itu jauh lebih sulit daripada menjadi pembicara yang baik.
5. LEARNING, mau belajar….. suatu kewajiban manusia yang hanya terbatas pada slogan (terutama di Indonesia… apakah anda merasa?) setidaknya lewat belajar banyak aspek dari diri kita akan menjadi meningkat.
6. TEACHING, tingkatan terakhir….setelah kita sanggup menjadi 5 hal di atas, kita harus menjadi pohon yang bermanfaat….. percuma dunk kalo pohon berbuah lebat tapi ga bisa dimakan, so ayo mengajari orang lain walaupun hanya “satu ayat”… eitt..eit tapi mengajari harus pakai dasar loh!
Yang manakah anda ?
Note : makin kebawah makin baik dan bermanfaat


No comments: